Senin, 10 Juni 2013

SUKU BATAK



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Perbedaan iklim, letak geografis serta kepadatan penduduk di setiap wilayah menyebabkan munculnya keanekaragaman budaya. Tiap-tiap suku bangsa mempunyai suatu karakteristik yang unik.
Dalam makalah ini membahas mengenai salah satu suku bangsa yang ada di Indonesia yakni masyarakat Batak. Pembahasan yang ditekankan adalah sistem kebudayaan yang berkembang di masyarakat Batak . Suku Batak merupakan salah satu suku bangsa di Indonesia. Nama ini merupakan sebuah istilah kolektif untuk menamakan beberapa suku bangsa yang bermukim dan berasal dari Tapanuli, Sumatera Utara. Suku bangsa yang dikategorikan sebagai Batak adalah Karo, Pakpak, Toba, Simalungun, Mandailing, dan Angkola.

Suku bangsa Batak mempunyai wilayah asal yang terletak di Pulau Sumatra bagian Utara, yaitu wilayah administratif Propinsi Sumatra Utara. Sumatra Utara terdiri dari daerah pantai sepanjang pesisir timur dan barat dan bersambung dengan dataran rendah, terutama di bagian timurnya. Keseluruhan wilayah ini terdiri atas beberapa kabupaten, yaitu kabupaten Karo, Simalungun, Dairi, Asahan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan. Di mana daerah asal kediaman orang Batak ini dikenal dengan Daratan Tinggi Karo, Kangkat Hulu, Deli Hulu, Serdang Hulu, Simalungun, Toba, Mandailing dan Tapanuli Tengah.

 Download file lengkapnya DISNI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar