Senin, 03 Juni 2013

Perbandingan Harga : Pasar dengan Supermarket


BAB 1
PENDAHULUAN

            1.1            Latar Belakang
Kemajuan yang telah dicapai berbagai perekonomian, terutama perekonomian negara-negara maju, membuktikan bahwa : pada umumnya mekanisme pasar adalah sistem yang cukup efisien di dalam mengalokasikan faktor-faktor produksi dan mengembangkan perekonomian, tetapi dalam keadaan tertentu ia menimbulkan beberapa akibat buruk sehingga diperlukan campur tangan pemerintah untuk memperbaikinya.
Barang apa yang harus diproduksi dan berapa jumlahnya, sering menjadi masalah pokok dalam perekonomian. Masalah itu dipecahkan dengan melakukan interaksi antara para pembeli dan penjual di pasar. Interaksi tersebut akan menentukan tingkat harga barang yang wujud di pasar dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan di pasar. Sebagai langkah pertama untuk menerangkan interaksi diantara para pembeli dengan para penjual perlulah terlebih dahulu diterangkan teori permintaan dan teori harga keseimbangan. Teori permintaan menerangkan tentang sifat permintaaan para pembeli terhadap sesuatu barang. Sedangkan teori harga keseimbangan menerangkan sifat jumlah barang yang ditawarkan sama dengan jumlah barang yang diminta pada tingkat harga tertentu. Dengan menggabungkan permintaan oleh pembeli dan penawaran oleh penjual akan dapat ditunjukkan bagaimana interaksi antara pembeli dan penjual, akan menentukan harga keseimbangan atau harga pasar dan jumlah barang yang akan diperjualbelikan.
Dalam analisis ekonomi, secara teori maupun dalam praktek sehari-hari, juga sangat berguna untuk mengetahui sampai sejauh mana responsifnya permintaan dan penawaran terhadap perubahan harga. Apabila perubahan harga yang kecil meninbulkan perubahan yang besar terhadap jumlah perubahan barang yang diminta maka dikatakan bahwa permintaan barang tersebut bersifst sangat responsif terhadap perubahan harga, atau permintaannya adalah elastis. Sebaliknya, apabila perubahan harga relatif besar tetapi permintaannya tidak banyak berubah maka dikatakanlah bahwa permintaannya tidak elastis. Oleh sebab itu perlu dikembangkan satu pengukuran kuantitatif yang menunjukkan sampai di mana besarnya pengaruh perubahan harga terhadap perubahan permintaan.
Agar dapat mengetahui pengaruh perbandingan harga sembako terhadap jumlah permintaan sembako di Toserba Yogja Ciamis dengan Pasar Tradisioanal di Kab. Ciamis harus ada upaya untuk menelitinya. Selama ini penelitian secara khusus tentang, komponen-komponen kelompok barang/produk sembako, hasil survei harga produk/barang sembako, hasil survei permintaan produk/barang sembako, dan hasil survei pengaruh perbandingan harga produk/barang sembako terhadap jumlah permintaan produk/barang sembako pada Toserba Yogja Ciamis dengan Pasar Tradisional di Kab. Ciamis. Untuk mengetahui perbandingan Toserba Yogja Ciamis dengan Pasar Tradisional di Kab. Ciamis tersebut diperlukan upaya penelusuran yang tidak mudah, melainkan harus ada penelitian yang mendasar. Karena dasar itulah maka dilakukan  penelitian ini yang mengangkat judul “Analisis Pengaruh Perbandingan Harga Sembako Terhadap Jumlah Permintaan Sembako Di Toserba Yogja Ciamis Dengan Pasar Tradisioanal Di Kab. Ciamis.”

            1.2              Maksud dan Tujuan Penulisan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab semua permasalahan penulisan yaitu,
1.      Untuk mengetahui komponen-komponen kelompok produk/barang sembako.
2.      Untuk mengetahui hasil survei harga produk/barang sembako.
3.      Untuk mengetahui hasil survei permintaan produk/barang sembako.
4.      Untuk mengetahui hasil survei pengaruh perbandingan harga produk/barang sembako terhadap jumlah permintaan produk/barang sembako pada Toserba Yogja Ciamis dengan Pasar Tradisional di Kab. Ciamis.



            1.3              Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka dapat di identifikasi masalah-masalah sebagai berikut,
1.      Sembako, sembako adalah Sembilan bahan pokok yang sangat penting bagi setiap individu masyarakat.
2.      Survei harga produk/barang sembako, merupakan pengetahuan akan harga satuan barang dari sembako.
3.      Survei permintaan produk/barang sembako, dengan mengetahui permintaan masyarakat terhadap produk/barang sembako, kita dapat mengetahui konsumsi masyarakat.
4.      Perbandingan Toserba Yogja Ciamis dengan Pasar Tradisional Kab. Ciamis, kita dapat mengetahui perbandingan harga dan permintaan terhadap produk/barang sembako.

            1.4              Kegunaan/ManfaaPenulisan
            1.4.1        Manfaat Secara Teori
1.      Menambah wawasan tentang permintaan dan harga.
2.      Mengetahui akan harga sembako.

            1.4.2        Manfaat Secara Praktis
1.      Memberikan pengetahuan tentang permintaan dan harga.
2.      Memberikan pengetahuan komponen-komponen kelompok produk/barang sembako.
3.      Memberikan pengetahuan tentang perbandingan harga dan permintaan terhadap produk/barang sembako pada Toserba Yogja Ciamis dengan Pasar Tradisional Kab. Ciamis. 


File lengkapnya, silahkan agan download, klik link di bawah ini
DOWNLOAD HERE

untuk pemesanan bisa hubungi :
Nama : Andifa Dwi Fani
No.Hp : 085223468585
PIN : 29FA9DFD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar