Senin, 10 Juni 2013

SUKU BUGIS



BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang

Kepulauan Indonesia yang terletak di jalur utama antara Asia bagian timur dan selatan. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keanekaragaman baik bahasa, suku, agama, ras maupun budaya. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhinya, diantaranya karena latar belakang negara Indonesia itu sendiri yang dulu pernah dijajah oleh bangsa lain sehingga memberikan pengaruh yang besar bagi budaya Indonesia. Misalkan melalui perkawinan, perdagangan, asimilasi, maupun enkulturisasi yang menyebabkan Indonesia memiliki banyak keanekaragaman.
Salah satu keragaman dari Indonesia adalah suku Bugis yang masih memgang erat adat istiadat daerahnya sejalan dengan adanya arus globalisasi dan modernisasi saat ini. Suku Bugis merupakan suku yang tergolong ke dalam suku-suku Deutero Melayu yang masuk ke Nusantara setelah gelombang migrasi pertama dari daratan Asia tepatnya Yunan. Suku Bugis merupakan suku terbesar ketiga setelah suku Jawa dan Sunda yang berasal dari Sulawesi Selatan dan menyebar pula di propinsi-propinsi Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Papua, Irian Jaya Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Riau dan Riau Kepulauan, dan bahkan sampai ke Malaysia dan Brunei Darussalam.
Kami mengkaji suku Bugis ini karena kami tertarik pada kebuduyaan suku Bugis termasuk di dalamnya adat istiadat mereka yang masih dipegang erat oleh suku bugis. Melihat pada zaman sekarang banyaknya pengaruh budaya barat yang masuk sebagai arus modernisasi dan globalisasi. 


Download file lengkapnya DISNI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar